PENJUALAN MOTOR HONDA SAAT PANDEMI COVID19 DI GROBOGAN


       Menyesakkan, itulah kata-kata yang kami dengar dari beberapa sales marketing yg kami tanyai. Di tengah pandemi covid19 yg membuat laju ekonomi melambat saat ini, penjualan motor honda pun jg terimbas adanya kejadian ini, per maret 2020 penjualan motor honda mengalami penurunan yg signifikan di kabupaten Grobogan. Banyak dealer motor Honda yg mengeluh dengan keadaan ini, tak terkecuali Astra Motor Center Purwodadi. Sejak awal maret penjualannya pun mengalami penurunan sekitar 40%. Berbagai cara pun di lakukan untuk menggenjot atau mendongkrak penjualan yg secara market share di Grobogan masih lumayan tinggi di banding daerah lain di Jawa Tengah.



        Berbagai cara dan promosi yg sangat masif dilakukan untuk mendongkrak naik penjualan motor di kab. Grobogan.  Salah satunya dengan kunjungan ke konsumen lama melalui cara online, yaitu dengan tatap muka virtual atau bahasa sekarang adalah VC (video call) dikarenakan saat ini Grobogan jg sebagai zona merah sehingga activity seperti promo kunjungan, kanvasing, promo acara, serta promo outdoor tidak bisa di lakukan. Dengan melakukan langkah ini di harapkan konsumen mendapatkan info terbaru serta pelayanan yg prima. Sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi yg tepat & akurat untuk melakukan transaksi di Astra Motor Purwodadi. Hal ini terus di lakukan oleh para sales marketing di Astra Motor Purwodadi sampai akhir agustus ini. Langkah ini memang cukup efektif dan bisa menghasilkan closing DO atau penjualan, yang membuat sedikit naik angka penjualan Astra Motor Purwodadi di level 25% dari market share yg ada di Grobogan. akan tetapi jumlah transaksi tidak sebanyak jika di banding saat keadaan normal seperti dahulu.






      Adapun cara lain yg di lakukan adalah melakukan live streaming atau siaran langsung di sosmed seperti di youtube, instagram, dan facebook, sehingga dapat memberikan informasi terbaru untuk info penjualan, service, dan sparepart di Astra Motor Purwodadi. Pada saat siaran langsungpun para penonton juga bisa melakukan order saat itu jg, atau hanya sekedar titip salam kepada saudara atau teman, dan juga para penonton pun bisa melakukan sesi tanya jawab dengan para streamer. Tak lupa pada saat siaran langsung itu jg, Astra Motor Purwodadi memberikan give away kepada para penonton & konsumen. Ini adalah bentuk ucapan terima kasih kepada para penonton & pelanggan setia Astra Motor Purwodadi, yg telah dan akan melakukan transaksi pembelian unit baru sepeda motor atau pembelian sparepart dan jg service. Dengan cara seperti ini di harapkan mampu mendongkrak penjualan atau minimal bisa menjaga tali silaturahmi antara Astra Motor Purwodadi dan para pelanggannya.




         Itulah tadi sedikit cerita yg saat ini tengah terjadi di bisnis retail penjualan sepeda motor di Grobogan, terutama di Astra Motor Purwodadi awal semester 2020 saat pandemi covid-19. Semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga perekonomian di kabupaten Grobogan bisa pulih kembali dan geliat perekonomian & daya beli masyarakat semakin meningkat. Akhir kata saya selaku admin blog ini mengucapkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

SALAM SATU HATI
ASTRA MOTOR CENTER PURWODADI
pusatnya penjualan motor Honda di kabupaten Grobogan

Komentar